Home » Riset » Keberdayaan Keluarga di Perkotaan dan Pedesaan: Kasus Keluarga di Kecamatan Duren Sawit dan Kecamatan Jasinga
download

Keberdayaan Keluarga di Perkotaan dan Pedesaan: Kasus Keluarga di Kecamatan Duren Sawit dan Kecamatan Jasinga

Abstrak

Keluarga memiliki fungsi yang strategis dalam pembentukan sumberdaya manusia dan ditentukan oleh berperannya semua fungsi dengan efektif dalam keluarga. Keefektifan berfungsinya sebuah keluarga akan sangat menentukan kekuatan keluarga. Dalam kenyataannya banyak keluarga yang gagal dalam melaksanakan fungsi-fungsi tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi fungsi AGIL dalam keluarga, (2) mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi Keberdayaan Keluarga, (3) Mengungkapkan strategi penyuluhan untuk keluarga Perkotaan dan Pedesaan. Data dikumpulkan dari bulan Agustus-Desember 2006 di Kecamatan Duren Sawit, untuk Perkotaaan, dan Kecamatan Jasinga untuk Pedesaan.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi Fungsi AGIL adalah tingkat pendidikan istri, tingkat pendapatan, usia suami menikah, motivasi pernikahan, gaya hidup, jumlah tanggungan, persepsi peran orangtua, intensitas isu keluarga di tempat kerja, kondisi tempat tinggal, dan akses informasi; (2) Faktor-faktor yang paling mempengaruhi keberdayaan keluarga di perkotaan adalah tingkat pendidikan istri, akses informasi dan fungsi integrasi dan juga fungsi latensi, sedangkan di pedesaan adalah tingkat pendapatan, kondisi lingkungan tempat tinggal, dan juga fungsi integrasi; dan (3) Strategi yang paling efektif untuk peningkatan keberdayaan keluarga di perkotaaan adalah dengan peningkatan kualitas sumberdaya keluarga melalui peningkatan tingkat pendidikan istri, dukungan dari lingkungan melaui peningkatan akses informasi dan peningkatan fungsi integrasi dan adaptasi. Untuk pedesaaan adalah peningkatan tingkat pendapatan keluarga dan dukungan kondisi lingkungan tempat tinggal, dan peningkatan fungsi integrasi.

Untuk melihat hasil riset lengkap silahkan download di Link Repository IPB pada Link ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*